VIS A VIS PARTAI ISLAM DAN PARTAI NASIONALIS: Strategi Komunikasi Politik Partai Berbasis Pengkaderan
Rp120000
Penulis: Dr. Hery Purwosusanto, MA.Hum
ISBN: 978-623-8210-65-7
Setting Layout dan Montase: Abdul Aziz
Desain Cover: Muhammad Syamsul Arifin
Ukuran
xii, 300 hlm, 15,5×23 cm
Cetakan Pertama, November 2023
Diterbitkan oleh:
LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA
ANGGOTA IKAPI
Jl. Villa Dago Raya No. A257
Telp. (021) 7477 4588
Tangerang Selatan 15415
email. [email protected]
web: www.dialektika.or.id
Hak Cipta dilindungi oleh undang-undang. Pertama kali diterbitkan di Indonesia dalam Bahasa Indonesia oleh Lembaga Kajian Dialektika. Dilarang mengutip atau memperbanyak baik sebagian ataupun keseluruhan isi buku dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit. All right reserved. |
Deskripsi
Buku ini memberikan kontribusi praktis bagi para penggemar studi komunikasi politik, aktor politik, akademisi, dan juga partai politik. Layak menjadi salah satu rujukan bagi partai politik berasas Islam maupun partai politik yang berasas Nasionalis. Khususnya dalam menyiapkan strategi kampanye politik terbaiknya. Tidak hanya terfokus kepada kampanye pemilu saja namun juga kampanye politik. Studi dalam buku ini dapat menjelaskan strategi kampanye politik PKS dan PDI Perjuangan sehingga dapat menaikkan perolehan suara mereka.
Kampanye politik PKS dapat menjadi model keberhasilan bagi partai berasas Islam. Demikian juga kampanye politik PDI Perjuangan dapat menjadi model keberhasilan bagi partai berasas Nasionalis lainnya. Secara akademis, buku ini memperkaya kajian tentang komunikasi politik yang dilakukan secara kelembagaan. Hal menarik dari buku ini adalah keberhasilannya dalam mengkomparasikan komunikasi politik dengan basis ideologi yang berbeda. Satu partai dengan dua sudut pandang ideologi Islam dan yang lainnya Nasionalis.
Secara khusus buku ini menyumbangkan pemahaman yang lebih mendalam dan komprehensif terkait strategi kampanye politik yang telah dilakukan oleh PKS dan PDI Perjuangan dalam pemilu legislatif. Buku ini bisa jadi adalah hasil penelitian pertama yang dilakukan dengan menyandingkan PKS dan PDI Perjuangan terkait kampanye politiknya.