Our Products

KARAKTERISTIK KURIKULUM BAHASA ARAB ERA REFORMASI: Analisis Implementasi dan Implikasi Kemampuan Bahasa Arab Siswa

Rp95000

KARAKTERISTIK KURIKULUM BAHASA ARAB ERA REFORMASI:

Analisis Implementasi dan Implikasi Kemampuan Bahasa Arab Siswa

 

Penulis: Dr. Kuliyatun, M.Pd.I.

ISBN: Sedang Proses

Setting Layout: Meki Polanda

Desain Cover: M. Syamsul Arifin

 

Ukuran

288 hlm, 14,8×21 cm

Cetakan pertama, Januari 2023

Diterbitkan oleh:

LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

ANGGOTA IKAPI

 

Jl. Villa Dago Raya No. A257

Telp. (021) 7477 4588

Tangerang Selatan 15415

email. [email protected]

web: www.dialektika.or.id

Copy Right©2023 by LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

Hak Cipta dilindungi oleh undang-undang. Pertama kali diterbitkan di Indonesia dalam Bahasa Indonesia oleh Lembaga Kajian Dialektika. Dilarang mengutip atau memperbanyak baik sebagian ataupun keseluruhan isi buku dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit. All right reserve.

Share This Post:

Deskripsi

Bahasa Arab secara historis merupakan salah satu rumpun bahasa tertua yang tetap bertahan dan digunakan hingga sekarang. Selain itu, bahasa Arab mempunyai kemampuan untuk mengakomodasikan pesan-pesan secara universal yang saat ini digunakan di lebih di 22 negara. Adapun keunggulan bahasa Arab jika dibandingkan dengan bahasa lain adalah karena bahasa Arab tetap eksis hingga saat ini. Keunggulan bahasa Arab antara lain disebabkan oleh kedudukannya sebagai bahasa al-Qur’an yang kemudian menjadikan ummat Islam menempatkan bahasa Arab sebagai bahasa yang lebih penting daripada bahasa lain yang ada di dunia. Sebelum kemerdekaan, bahasa Arab pada umumnya diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan yang masih bersifat tradisional seperti pesantren. Pesantren meskipun masih bersifat tradisional telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam perjalanan lembaga pendidikan di Indonesia. Sebagai bagian dari bahan ajar yang diimplementasikan di lembaga pendidikan. Bahasa Arab harus memenuhi persyaratan akademik seperti pelajaran lainnya.

Implementasi kurikulum bahasa Arab pada era reformasi mulai dari satu, dua, hingga tiga, (KBK, KTSP, hingga Kurikulum 2013) telah memberikan implikasi terhadap kompetensi berbahasa Arab peserta didik. Fenomena tersebut dapat dilihat dari kemampuan peserta didik dalam aspek menulis, membaca, menyimak, dan berkomunikasi menggunakan bahasa Arab secara baik. Oleh karena itu, semakin efektif penerapan kurikulum, maka akan semakin maksimal kemampuan berbahasa Arab peserta didik.

Buku yang ada di tangan Anda ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana implementasi dan implikasi karakteristik kurikulum bahasa Arab pada era reformasi terhadap kemampuan berbahasa Arab peserta didik. Keistimewaan buku ini adalah pembahasannya disertasi dengan studi kasus yaitu di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro Lampung. Selamat Membaca!

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “KARAKTERISTIK KURIKULUM BAHASA ARAB ERA REFORMASI: Analisis Implementasi dan Implikasi Kemampuan Bahasa Arab Siswa”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021, Dialektika.or.id All Rights Reserved