Our Products

PLURALISME AGAMA DALAM AL-QUR’AN: Pergolakan Pemikiran Intelektual Muslim Indonesia Kontemporer

Rp95000

PLURALISME AGAMA DALAM AL-QUR’AN: Pergolakan Pemikiran Intelektual Muslim Indonesia Kontemporer

Penulis:

Fauzan Hidayatullah, M.Ag

ISBN: 978-623-88370-4-5

Setting Layout: Taufik Adinugraha El Barr

Desain Cover: M. Syamsul Arifin

 

Ukuran

232 hlm, 14,8×21 cm

Cetakan pertama, Desember 2022

Diterbitkan oleh:

LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

ANGGOTA IKAPI

Jl. Villa Dago Raya No. A257

Telp. (021) 7477 4588

Tangerang Selatan 15415

email. [email protected]

web: www.dialektika.or.id

Copy Right©2022 by LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit. Hak penulis dilindungi undang-undang. All right reserved.

Share This Post:

Deskripsi

Peristiwa perang shifin antara Ali dan Muawiyah yang mampu menciptakan “cermin retak”, pada akhirnya melahirkan kelompok-kelompok pemikiran. Ada kelompok yang lebih cenderung mempertaruhkan Tuhan secara tekstual yang disebut dengan kelompok ekstrim kanan (eksklusif). Adapula kelompok yang lebih mengutamakan akal dalam proses pemahamanya terhadap agama yang disebut dengan kelompok ekstrim kiri (inklusif).

Baik ekstrem kiri maupun ekstrem kanan, keduanya ibarat gerak sentrifugal dari sumbu tengah menuju salah satu sisi paling ekstrem. Mereka yang berhenti pada cara pandang, sikap, dan perilaku beragama secara liberal akan cenderung secara ekstrem mendewakan akalnya dalam menafsirkan ajaran agama (ekstrem kiri), sehingga tercabut dari teksnya. Sementara mereka yang berhenti di sisi sebaliknya secara ekstrem akan secara rigid (kaku) memahami teks agama tanpa mempertimbangkan konteks (ekstrem kanan).

Buku ini, secara spesifika membahas paham-paham pluralisme agama di Indonesia, pro kontra paham pluralisme agama di Indonesia, pandangan Islam terhadap paham pluralisme agama, pandangan Non Muslim terhadap paham pluralisme agama, dan diskursus paham pluralisme agama dari kelompok inklusif dan eksklusif.

Buku ini menarik untuk dibaca karena wacana pemikiran terhadap penafsiran pluralisme agama dalam Al-Qur’an oleh tokoh-tokoh intelektual muslim Indonesia masih sangat rellevan untuk dikaji saat ini, karena sifat penafsirannya yang tidak tunggal

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “PLURALISME AGAMA DALAM AL-QUR’AN: Pergolakan Pemikiran Intelektual Muslim Indonesia Kontemporer”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021, Dialektika.or.id All Rights Reserved