Our Products

RELIGIUSITAS DAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK: Konsep, Pengaruh, dan Implementasinya di Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Non Keagamaan

Rp75000

RELIGIUSITAS DAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK: Konsep, Pengaruh, dan Implementasinya di Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Non Keagamaan

Penulis: Fuji Zakiyatul Fikriyah, S.Pd., M.A.

ISBN: 978-623-8210-01-5

Setting Layout: M. Muhtar Nasir

Desain Cover: Taufik Adinugraha El Barr

 

Ukuran

130 hlm, 14,8×21 cm

Cetakan pertama, Februari 2023

 

Diterbitkan oleh:

LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

ANGGOTA IKAPI

Jl. Villa Dago Raya No. A257

Telp. (021) 7477 4588

Tangerang Selatan 15415

email. [email protected]

web: www.dialektika.or.id

Copy Right©2023 by LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

Hak Cipta dilindungi oleh undang-undang. Pertama kali diterbitkan di Indonesia dalam Bahasa Indonesia oleh Lembaga Kajian Dialektika. Dilarang mengutip atau memperbanyak baik sebagian ataupun keseluruhan isi buku dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit. All right reserved.

Share This Post:

Deskripsi

Praktik ketidakjujuran akademik memang bukanlah masalah baru dalam dunia pendidikan kita. Hal ini menjadi masalah pokok selama bertahun-tahun dan terjadi hampir pada semua level pendidikan. Namun, masalah ini seolah-olah dianggap lumrah sehingga tidak menjadi perhatian para pendidik. Padahal dampak kebiasaan tidak jujur dalam proses akademik akan terus terbawa sampai jenjang pendidikan berikutnya, bahkan bisa menjadi pemicu terjadinya tindakan korupsi di dunia kerja nantinya.

Persoalan ketidakjujuran akademik pada lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia selalu dikaitkan dengan pengembangan dimensi-dimensi religiusitas diajarkan dalam mata pelajaran Pendidikan agama Islam (PAI), yang di dalamnya mencakup Aqidah, Akhlaq, Al-Quran Hadis, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Mata pelajaran yang diajarkan tersebut tentu juga harus mempertimbangkan tiga ranah taksonomi pembelajaran, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik yang juga searah dengan dimensi tingkatan agama menurut Imam Ghazali yaitu ‘ilm, amal dan hal.

Buku yang ada di tangan Anda ini berangkat dari sebuah pertanyaan apakah ada hubungan negatif antara religiusitas dengan ketidakjujuran akademik. Dalam arti semakin tinggi religiusitas maka akan semakin rendah kecenderungan untuk melakukan ketidakjujuran akademik. Begitupun sebaliknya, rendahnya tingkat religiusitas akan mempengaruhi semakin tingginya kecenderungan praktik ketidakjujuran akademik. Selamat Membaca!

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “RELIGIUSITAS DAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK: Konsep, Pengaruh, dan Implementasinya di Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Non Keagamaan”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021, Dialektika.or.id All Rights Reserved