Our Products

Monopoli dan Persaingan Usaha Perspektif Ekonomi Islam

Rp115000

Monopoli dan Persaingan Usaha Perspektif Hukum Ekonomi Islam

Penulis: Abdillah

Editor: Muhammad Fauzi Rais & JM. Muslimin

ISBN: Sedang Proses

Setting Layout: Muhammad Syamsul Arifin

Desain Cover: Abdul Aziz

 

Ukuran

290 hlm, 14,8×21 cm

Cetakan pertama, Desember 2022

 

Diterbitkan oleh:

LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

ANGGOTA IKAPI

Jl. Villa Dago Raya No. A257

Telp. (021) 7477 4588

Tangerang Selatan 15415

email. [email protected]

web: www.dialektika.or.id

Copy Right©2022 by LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

Hak Cipta dilindungi oleh undang-undang. Pertama kali diterbitkan di Indonesia dalam Bahasa Indonesia oleh Lembaga Kajian Dialektika. Dilarang mengutip atau memperbanyak baik sebagian ataupun keseluruhan isi buku dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit. All right reserve

Share This Post:

Deskripsi

Ekonomi global dewasa ini bergerak sangat dinamis. Globalisasi telah menjadi pendorong utama bagi munculnya integrasi ekonomi dunia. Di satu sisi, globalisasi telah membuka peluang yang lebih luas bagi negara sedang berkembang untuk meningkatkan volume perdagangan dengan melakukan ekspansi usaha ke pasar internasional. Di sisi lain, globalisasi juga mendorong masuknya barang/jasa dari negara lain dan membanjiri pasar domestik. Pelaku usaha domestik kini harus berhadapan dengan pelaku usaha dari berbagai negara, dalam suasana persaingan tidak sempurna. Pelaku usaha besar dan transnasional dapat menguasai kegiatan ekonomi domestik melalui perilaku anti persaingan, seperti kartel, penyalahgunaan posisi dominan dan sebagainya.

Buku yang ada di tangan Anda ini ingin mengungkap intervensi negara dalam menangani praktek monopoli di Indonesia, yang berkaitan dengan perjanjian terlarang, kegiatan yang dilarang, dan posisi dominan suatu perusahaan atau entitas bisnis. Pembatasan waktu dalam penelitian ini melihat berdasarkan awal mula penerbitan UU Antimonopoli tahun 1999 sampai tahun 2021. Dalam rentang waktu tersebut kebijakan dan tindakan apa saja yang sudah dilakukan negara dalam mengatasi persoalan monopoli di Indonesia. Bagaimana peran pemerintah dalam meminimalisir tindakan monopoli yang tidak berkeadilan akan berpengaruh terhadap terciptanya keadilan ekonomi dan keadilan sosial. Dalam penelusuran data, buku ini tidak menggunakan semua sumber kajian Islam, tetapi dibatasi pada sumber sejarah Islam dan fiqh.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Monopoli dan Persaingan Usaha Perspektif Ekonomi Islam”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021, Dialektika.or.id All Rights Reserved