Our Products

Tags:

Hijrah Salafi dan Anak Muda Perkotaan

Rp65000

Judul Buku : Hijrah Salafi dan Anak Muda Perkotaan

Penulis: Syamsul Rijal dan Ade Masturi
ISBN : 978-623-95115-6-2
Ukuran: 14,8 cm x 21cm
Cover dan Lay Out: Muhammad Khutub
Penerbit: Lembaga Kajian Dialektika
Anggota IKAPI
Redaksi: Lembaga Kajian Dialektika
Jl. Villa Dago Raya No. A257 Pamulang, Tangerang Selatan 15415
Telp. (021) 7477 4588
Email: [email protected]
Web: www.dialektika.or.id
Cetakan Pertama, November 2021

 

 

Pemesanan Buku ke +62852 5994-9416 (Arifin)

Share This Post:

Deskripsi

Pasca Reformasi, Indonesia mengalami transformasi sosial politik yang melapangkan jalan bagi naiknya peran Islam di wilayah publik. Salah satu fenomena baru terkait aktivisme keagamaan di Indonesia sejak satu dekade terakhir adalah munculnya tren “hijrah” di kalangan masyarakat Muslim urban, khususnya di kalangan anak muda. Tren ini terlihat, misalnya, dari munculnya pengajian dan komunitas dakwah di berbagai kota besar yang mengusung tema hijrah. Beberapa nama gerakan tersebut mencakup Gerakan Pemuda Hijrah, Pengajian Blok M, Kajian Terang, Kajian Musyawarah, Gerakan Pemuda Kahfi, Gerakan Yuk Ngaji, dan seterusnya.

Pengaruh dan jangkauan gerakan ini cepat meluas berkat penggunaan media sosial dengan konten-konten kreatif yang dihasilkan oleh pengelolanya. Selain itu, tren hijrah ini didorong dan diramaikan, secara tidak langsung, dengan munculnya sejumlah selebriti muda yang, selain aktif di komunitas dakwah, juga mempromosikan gaya hidup hijrah di ranah publik dan media sosial.

Buku ini terinspirasi dari maraknya komunitas-komunitas hijrah tersebut. Kebanyakan studi cenderung mengkaji komunitas hijrah yang cair dalam ideologi dan akomodatif terhadap aspirasi anak-anak muda Muslim. Dua contoh komunitas yang paling sering diteliti adalah komunitas Pemuda Hijrah di Bandung dan Terang Jakarta.

Penulis mencoba melengkapi kajian-kajian sebelumnya tentang komunitas hijrah dengan berfokus pada komunitas kajian masjid yang berbasis pada ajaran Salafi yang ketat. Dalam hal ini, kami mengkaji pengalaman para jemaah kajian di Masjid Nurul Iman di Blok M Square, Jakarta. Masjid Nurul Iman merupakan basis kajian Salafi terbesar di Jakarta dan menarik animo anak-anak muda untuk mendalami Islam dan pada gilirannya berhijrah ke manhaj Salaf.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Hijrah Salafi dan Anak Muda Perkotaan”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright 2021, Dialektika.or.id All Rights Reserved