Our Products

Penafsiran Ayat-ayat Ekonomi Menurut Tarekat Idrisiyyah

Rp75000

PENAFSIRAN AYAT-AYAT EKONOMI MENURUT TAREKAT IDRISIYAH

 

Penulis:

Arwani

ISBN: 978-623-88370-3-8

Setting Layout & Desain Cover: Abdul Aziz

Ukuran

200 hlm, 14,8×21 cm

Cetakan pertama, Desember 2022

Diterbitkan oleh:

LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

ANGGOTA IKAPI

Jl. Villa Dago Raya No. A257

Telp. (021) 7477 4588

Tangerang Selatan 15415

email. [email protected]

web: www.dialektika.or.id

Copy Right©2022 by LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit. Hak penulis dilindungi undang-undang. All right reserved.

Share This Post:

Deskripsi

Tarekat Idrisiyyah adalah sebuah tarekat yang muncul dan berpusat di Provinsi Asir, Arab Saudi pada akhir dasawarsa kedua abad ke-19 M. didirikan oleh Syarif Ahmad bin Idris ‘Ali al-Mashishi al-Yamlakhi al-Hasani. Idris, yang kepadanya dinisbatkan nama tarekat ini adalah nama ayah dari pendirinya. Tarekat ini juga dinamakan Tarekat Muhammadiyah yang dinisbatkan kepada Nabi Muhammad Saw atau Tarekat Ahmadiyah, dinisbatkan kepada Ahmad, nama lain dari Nabi Muhammad Saw, bukan kepada Ahmad bin Idris.

Seorang Mursyid Al-Idrisiyyah, Syekh Abdul Fattah mendefinisikan ekonomi Islam sebagai “Seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang berdasarkan prinsip-prinsip Islam yang bersumber kepada al-Quran dan Sunnah yang diijtihadi oleh Mursyid yang berkedudukan sebagai khalifah Rasul atau Ulama warasatul Anbiya (pewaris Nabi)”.

Menurut Muhammad Fathurrahman, salah satu Mursyid Tarekat Idrisiyyah yang dalam buku ini dijadikan narasumber, ada beberapa hal-hal penting yang membangkitkan semangat berekonomi yang berlandaskan tasawuf. Ekonomi membutuhkan tasawuf. Karena tasawuf mengajarkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, kesabaran/keuletan, tawakkal, syukur dan tidak lupa diri. Tanpa tasawuf ekonomi hanya meraih manfaat yang semu dan fana.

Buku yang ada tangan Anda ini akan membahas penafsiran ayat-ayat Ekonomi yang menjadi semangat usaha para pengikut tarekat Idrisiyyah. Lalu sejauh mana relevansi ajaran tarekat Idrisiyyah dengan perilaku ekonomi para pengikutnya.? Selamat Membaca!.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Penafsiran Ayat-ayat Ekonomi Menurut Tarekat Idrisiyyah”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021, Dialektika.or.id All Rights Reserved