Our Products

PENGELOLAAN ZAKAT DI INDONESIA: Analisis Konsep dan Implementasi

Penulis: Dr. H.M. Dawud Arif Khan, M.Si. dan Kiki Zakiah Nuraisyah, M.H.

Editor: Saepullah

Setting Layout dan Montase: Muhammad Syamsul Arifin

Desain Cover: Taufik Adinugrahha El Barr

 

ISBN: Sedang Proses

viii, 246 hlm, 15,5×23 cm

Cetakan Pertama, Februari 2024

 

Diterbitkan oleh:

LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

ANGGOTA IKAPI

Jl. Villa Dago Raya No. A257

Telp. (021) 7477 4588

Tangerang Selatan 15415

email. [email protected]

web: www.dialektika.or.id

Share This Post:

Deskripsi

Dalam konteks Indonesia yang kaya akan keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi, pengelolaan zakat menjadi suatu tantangan yang kompleks. Buku ini berusaha untuk mengurai berbagai aspek yang terkait dengan konsep, praktik, dan implementasi pengelolaan zakat di negeri ini.

Dengan mendalam, penulis mencoba menjelajahi berbagai sudut pandang, memeriksa kerangka hukum, dan menganalisis berbagai model pengelolaan zakat yang ada. Kami berharap buku ini tidak hanya menjadi sumber referensi yang berharga bagi para akademisi dan praktisi, tetapi juga dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para pembaca yang tertarik untuk lebih memahami bagaimana zakat dapat dikelola secara efektif untuk kesejahteraan umat.

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang memiliki peran penting dalam mewujudkan kesejahteraan sosial dan ekonomi umat Islam. Di Indonesia, potensi zakat sangatlah besar, namun pengelolaannya masih perlu dioptimalkan. Buku ini mengupas berbagai aspek terkait pengelolaan zakat di Indonesia, mulai dari konsep dasar zakat, regulasi yang mengatur, hingga implementasinya di lapangan.

Beberapa pokok bahasan yang dikaji dalam buku ini, antara lain konsep dasar zakat, regulasi pengelolaan zakat di Indonesia, meliputi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Fatwa MUI, Lembaga pengelola zakat, meliputi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah, implementasi pengelolaan zakat di daerah, meliputi penghimpunan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat, serta analisis tantangan dan peluang pengelolaan zakat di Indonesia.

Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi berbagai para akademisi, praktisi zakat,  dan masyarakat luas, untuk meningkat-kan pemahaman tentang zakat dan peran pentingnya dalam mewujud-kan kesejahteraan sosial dan ekonomi.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “PENGELOLAAN ZAKAT DI INDONESIA: Analisis Konsep dan Implementasi”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021, Dialektika.or.id All Rights Reserved