Our Products

Epistemologi Fikih Minoritas: Ijtihad Abdallah bin Bayah dalam Menjawab Isu-isu Kontemporer

Rp85000

Penulis: Rais Alhaadi Iskandar, Lc., MA.

Editor: Muhammad Khutub, SHI., MH.

ISBN: 978-623-8210-41-1

 

Setting Layout dan Montase: Taufik Adinugraha El Barr

Desain Cover:  Tenny Noer Agustina

Ukuran

viii, 226 hlm, 14,8×21 cm

Cetakan Pertama, Agustus 2023

 

Diterbitkan oleh:

LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA

ANGGOTA IKAPI

 

Jl. Villa Dago Raya No. A257

Telp. (021) 7477 4588

Tangerang Selatan 15415

email. [email protected]

web: www.dialektika.or.id

Copy Right©2023 by Penulis

Share This Post:

Deskripsi

Fiqh al-Aqalliyyat (fikih minoritas) merupakan salah satu cabang ilmu fikih yang memelihara hubungan syariat dengan dimensi suatu komunitas tertentu dan tempat di mana mereka berada. Fikih minoritas ini lahir guna menjawab segala problematika penerapan syariat yang tidak dapat dipraktekkan sesuai dengan konsep mayoritas fikih yang berlaku atau di mana mayoritas muslim berada, sehingga melahirkan perbedaan dalam pengamalannya.

Buku ini bertujuan untuk menjelaskan tentang struktur dasar fikih minoritas yang dibangun oleh Abdallah bin Bayyah. Bin Bayyah sendiri dikenal sebagai salah satu konseptor fiqh al-aqalliyyat. Dalam berijtihad Bin Bayyah mengedepankan metode ijtihad tahqiq al-manat dan al-tahjihi. Ijtihad tahqiq al-manat adalah upaya eksplanasi berlaku-tidaknya sebuah hukum pada realitas dengan menganalisa keberadaan kriteria (manat) yang bersesuaian. Sedangkan ijtihad al-tarjihi adalah penyaringan pendapat dan pemikiran ulama klasik didasarkan pada pertimbangan maslahat dan kesesuaian realitas yang terjadi.

Buku ini akan membawa kita untuk menelusuri pemikiran dan metode ijtihad Abdallah bin Bayah, seorang ulama yang berani dalam berpikir dan bertindak, menghadapi beragam tantangan zaman yang terus berkembang.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Epistemologi Fikih Minoritas: Ijtihad Abdallah bin Bayah dalam Menjawab Isu-isu Kontemporer”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021, Dialektika.or.id All Rights Reserved